Visi, Misi dan Strategi Perusahaan (Studi Kasus : Perusahaan Umum Perumnas)

VISI, MISI DAN STRATEGI PERUSAHAAN

(Studi Kasus : Perusahaan Umum PERUMNAS)

Tugas Mata Kuliah Manajemen Produksi dan Operasi

 

Dosen Pengampu :

Prof. Dr. Ir. Marimin, M.Sc.

Disusun Oleh :

Fitriana Purnamasari

[P056132762.49E]

Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis

Institut Pertanian Bogor

Februari 2014

=============================================================================================

I.1.      LATAR BELAKANG

Manajemen perusahaan yang baik merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif. Kemajuan teknologi dewasa ini memicu setiap organisasi bisnis untuk beroperasi secara optimal dalam kaitannya dengan persaingan dunia usaha yang semakin kompetitif. Sebagai organisasi yang berorientasi laba (profit oriented), tidak hanya laba memadai yang dibutuhkan, tetapi juga kelangsungan usaha menjadi fokus utama strategi bisnis. Dalam upaya untuk dapat terus mempertahankan kelangsungan hidup, perusahaan melakukan berbagai usaha. Salah satunya adalah dengan merancang visi maupun misi perusahaan, serta mempersiapkan strategi bisnis perusahaan.

Dalam era globalisasi ekonomi, pemerintah telah melaksanakan serangkaian deregulasi dan debirokrasi, karena hasil industri kita ditantang untuk dapat bersaing dalam pasar domestik maupun internasional. Persaingan dalam pasar domestik tidak bisa dihindari, bukan hanya karena harus bersaing dengan produk dalam negeri yang sejenis, tetapi juga dengan produk – produk impor, karena kita tidak bisa lagi melakukan proteksi pasar terlalu ketat. Sudah tidak bisa disangsikan lagi, bahwa salah satu faktor yang dapat memperkuat daya saing adalah produktivitas, baik produktivitas mikro (usaha) maupun produktivitas makro.

Hal tersebut tidak hanya dialami oleh industri yang memproduksi barang, tetapi dialami pula oleh beberapa perusahaan umum penyedia jasa (industri jasa). Disinilah peran manajer produksi dibutuhkan bagaimana manajer produksi dapat mengatasi persoalan tersebut untuk dapat meningkatkan produktivitas operasional perusahaan.

Manajemen produksi merupakan masalah penting yang dihadapi oleh perusahaan. Untuk mendukung kelancaran produksi yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kelancaran pemenuhan permintaan konsumen maka manajemen harus selalu berusaha menjamin ketersediaan bahan. Manajemen produksi mengharuskan adanya pengelolaan persediaan untuk merencanakan dan mengendalikan persediaan produksi pada tingkat yang optimum, menentukan kualitas produk yang wajar untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan permintaan pelanggan.

Penentuan visi, misi dan strategi bisnis dalam manajemen produksi yang baik akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan sebaliknya kesalahan penentuan visi, misi dan strategi dalam manajemen produksi akan menyebabkan investasi perusahaan akan menjadi sia-sia. Pada bagian pembahasan paper ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai visi, misi dan strategi bisnis dari Perumnas, yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berbentuk Perum (Perusahaan Umum) yang bergerak di bidang jasa penataan perumahan dan pemukiman.

I.2.      TUJUAN

Adapun tujuan dilakukannya penulisan paper ini adalah selain sebagai salah satu tugas Mata Kuliah Manajemen Produksi dan Operasi, juga dilakukan untuk :

  1. Mengidentifikasi keterkaitan antara visi, misi dan strategi perusahaan dengan kelancaran proses bisnis perusahaan.
  2. Mengetahui visi, misi dan strategi bisnis yang diterapkan oleh Perumnas.

 

Selengkapnya di : [MPO_E49_Fitriana Purnamasari_P056132762.49E] Visi, Misi dan Strategi Perusahaan – Perumnas


Posted in Manajemen Produksi & Operasi (MPO), Tugas Individu by with comments disabled.
Skip to toolbar